Unik_Aneh

Penjelasan Ilmiah Laba-laba Memiliki Kaki Yang Banyak



Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Naturwissenschaften, mengemukakan temuan untuk jawaban kenapa laba-laba memiliki kaki yang banyak, melebihi kebutuhan mereka. Para peneliti mendapat data bahwa 10 persen dari seluruh laba-laba di alam memiliki kaki tidak lengkap. Lebih lanjut Alain Pasquet dari University of Nancy 1, Prancis, yang terlibat dalam penelitian beserta rekannya, ingin mengetahui efek kehilangan kaki pada laba-laba. "Paling tidak mereka kehilangan salah satu dari delapan kaki mereka di alam," jelas Pasquet.


Sebanyak 123 laba-laba Zygiella x-notata--60, yang memiliki delapan kaki, dikumpulkan oleh Tim peneliti , sementara 63 kehilangan satu atau beberapa kaki. Setiap laba-laba diberi kotak sendiri sehingga mereka dapat membuat sarang. Pasquet dan timnya mendapati bahwa jaring yang dibuat laba-laba berkaki tak lengkap tidak berbeda dengan jaring buatan laba-laba berkaki lengkap. Kemudian, para peneliti meletakkan lalat di dalam kotak untuk melihat kemampuan berburu laba-laba yang kekurangan kaki. Hasilnya, laba-laba cacat tersebut tetap memiliki kemampuan berburu dan memangsa yang sempurna. "Kami terkejut. Kami berharap kehilangan kaki berpengaruh pda kemampuan berburu. Nyatanya tidak sama sekali," kata Pasquet.


Dari temuan yang telah diperoleh tersebut, peneliti menganggap laba-laba memiliki kaki dalam jumlah yang melebihi keperluan mereka. Jumlah kelebihan ini menjadi keuntungan saat salah satu atau beberapa kaki mereka dirusak pemangsa. Para peneliti juga mendapati batas jumlah kaki yang "boleh" hilang. Di alam, peneliti kembali memperoleh spesimen laba-laba dengan lima kaki. Setelah dilakukan pengamatan di laboratorium, laba-laba tersebut serampangan dalam membangun jaring.
Share:

+1