Inilah 5 Tembok Pembatas Negara Paling Indah di Dunia


Membuat batas kota atau negara berupa tembok raksasa ternyata tak hanya dilakukan oleh rakyat Cina saja. Di beberapa belahan bumi lain, ternyata banyak terdapat bangunan serupa yang tak kalah indahnya.


Dibuat dari berbagai macam bahan dan dengan berbagai model, tembok-tembok itu cukup menarik. Di negara mana saja, dan seperti apa keindahan tembok pembatas itu? Mari kita simak 8 Tembok Pembatas Paling Indah di Dunia berikut ini ...

1. Tembok Hadrian 


Diambil dari nama seorang kaisar Inggris yang yang memerintah sejak tahun 117, tembok ini dibangun sejak tahun 122 untuk membentengi Inggris Romawi dari serangan musuh. Kaisar Hadrian kemudian wafat pada 10 Juli 138. Peninggalan dari masa pemerintahannya adalah koin dan banyak proyek pembangunan yang diambilnya.

2. Tembok Besar Kroasia 


Bangunan ini didirikan pada abad 15 saat rakyat kota Ston di Kroasia sedang memperjuangkan kemerdekaan mereka dari jajahan kekaisaran Ottoman. Tembok sepanjang 3,5 mil ini perlahan rusak dimakan usia dan akhirnya hancur karena gempa pada 1996. Kini tembok besar ini sedang dalam masa perbaikan.

3. Tembok Besar India 

Tembok Besar India

Bentuknya sangat indah dan artistik. Bangunan yang terletak di negara bagian Rajasthan, India Barat ini merupakan urutan kedua terpanjang di dunia. Tembok sepanjang 36 kilometer ini dibangun pada tahun 1443 dan butuh waktu lebih dari satu abad untuk membangunnya, sebelum kemudian diperbesar pada abad 19. Kini bangunan ini berfungsi sebagai museum.

4. Tembok Batas Israel Bagian Barat 

Tembok Batas Israel Bagian Barat

Tembok sepanjang 700 kilometer ini dibangun terutama di daerah barat dan di sepanjang garis gencatan senjata 1949, atau tepatnya di 'Green Line' antara Israel dengan Palestina bagian Barat.

5. Tembok Besar Cina 


Tak ada yang tak kenal nama ini. Tembok besar Cina kerap disebut-sebut sebagai bangunan paling panjang di dunia. Dibangun pada abad ke 7 sebelum masehi, tembok ini berfungsi untuk melindungi Cina dari serangan musuh. Bangunan ini berdiri sepanjang 20.000 kilometer di antara gunung, sungai, dan padang pasir.

Share

Facebook Twitter Google+
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 comments:

Post a Comment